LAMONGAN (Lenteratoday) — Kompleks bersejarah peninggalan masa Raja Airlangga di Desa Pataan, Kecamatan Sambeng, Lamongan hari ini resmi dijadikan objek wisata.

Resminya objek wisata yang berlokasi di wilayah Lamongan selatan itu setalah ada upaya eksplorasi pada situs candi petaan oleh Lembaga Penelitian Pengembangan Masyarakat (Litbang Pemas) Universitas Islam Lamongan (Unisla).

Saat peresmiannya yang ditandai dengan penandatanganan prasasti di halaman YPPTI Sunan Giri Unisla, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi mengungkapkan sangat mendukung langkah tersebut sebagai upaya membangkitkan geliat ekonomi di wilayah Lamongan bagian selatan.

“Ini sebuah inisiatif yang bagus dilaksanakan oleh Unisla yang didukung Badan Riset dan Inovasi Nasional, kami (pemerintah) menyambut baik dan akan membantu Taman Airlangga ini supaya bisa menjadi kebanggaan masyarakat Lamongan,” ungkap Yuhronur Selasa (2/8/2021).

Pria yang akrab disapa Yes tersebut mengharapkan agar apa yang ada di kawasan situs candi pataan bisa terus digali, ia menyebut jika beragam potensi guna membangkitkan perekonomian bisa dikelola menjadi peluang usaha baru.

“Kalau kita lihat di sana ada tanaman secang yang bisa dijadikan wedang dan kudapan lezat yang sekarang ngetrend di Yogya mungkin bisa di inovasi jadi khas Lamongan,” harap Pak Yes.

Artikel ini telah tayang di LENTERA TODAY.com dengan judul Tempat Peninggalan Raja Airlangga di Lamongan Resmi Jadi Tempat Wisata

Dibuat oleh: redaksi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *