Lamongan (beritajatim.com) – Sebuah Destinasi Wisata Alam di Kabupaten Lamongan bernama Taman Wisata Airlangga sebentar lagi akan segera dibangun di sekitaran Candi Pataan yang berada di Desa Pataan Kecamatan Sambeng.

Realisasi program ini merupakan hasil kerjasama Badan Riset dan Inovasi  Nasional Kemenristek dengan Universitas Islam Lamongan (UNISLA) dan Pemerintah Kabupaten Lamongan.

Dalam kegiatan Opening Ceremony Kuliah Kerja Nyata (KKN) Merdeka sekaligus penandatangan Prasasti Taman Airlangga Pataan, Rektor UNISLA, H Bambang Eko Muljono SH MHum MM mengungkapkan, bahwa pihaknya akan terus mendampingi kemauan masyarakat desa dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam memanfaatkan potensi desa yang sudah ada dan pernah digali tersebut.

“Kita kordinasikan dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk kemudian kita bantu dalam membuatkan desainnya. Dan nantinya hal tersebut akan dikelola oleh pihak desa melalui BUMDesa,” ungkap Bambang Eko Muljono saat diwawancarai, Senin (3/7/2021).

Menurut Bambang Eko Muljono, proses pembanguna Taman wisata Airlangga tersebut intinya bukan untuk mengubah wujud asli dari situs Candi Pataan, namun membangun Destinasi Wisata Alam yang berada di lokasi sekitar Situs Candi Pataan ini.

“Ini bukan Candinya, tapi di luar Candi. Hal itu dimaksudkan demi mendukung para wisatawan yang ingin melihat keberadaan Candi Pataan sekaligus bisa berwisata dan tour di sekitaran Candi untuk menikmati pemandangan alam yang eksotis,” terang Bambang Eko Muljono.

Perlu diketahui, di Desa Pataan ini juga terdapat beberapa potensi yang ditemukan, utamanya yang berkaitan dengan Sumber Daya Alam. “Potensi-potensi itu sudah kami diskusikan lebih lanjut dengan Pemdes dan aparat untuk diproduksi bersama melalui BUMdesa, salah satunya adalah Secang, yang sudah banyak diambili oleh orang luar Lamongan,” sambungnya.

Selanjutnya, Rektor UNISLA tersebut juga mengaku, bahwa pihaknya telah beberapa kali meninjau dan berkeliling di sekitar lokasi. Menurutnya, pemandangan alam yang bagus di sana bisa menjadi modal yang luar buasa dalam pembangunan ke depan. “Nantinya, masyarakat desa jelas juga akan dilibatkan dalam proses pengerjaannya, agar mereka merasa sangat memiliki terhadap lokasi bersejarah itu. Karena bagaimanapun juga, hal ini dilakukan untuk kebaikan masyarakat Lamongan,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Lamongan Dr Yuhronur Efendi (YES) yang juga berkesempatan hadir dan membuka acara tersebut menyampaikan, bahwa program pembangunan Taman Wisata Airlangga ini dilakukan guna menjaga warisan yang ada serta mengangkat potensi situs sebagai unit usaha desa.

“Dengan adanya destinasi wisata alam dan potensi-potensi lainnya yang terus digali tersebut, nantinya Desa Patakan ini diharapkan bisa lebih maju dan dikenal semua orang. Selain itu, hal ini juga dimaksudkan untuk melestarikan dan mengembangkan situs bersejarah tersebut,” tutur Bupati YES.

Artikel ini telah tayang di beritajatim.com dengan judul Lamongan Kembangkan Destinasi Taman Wisata Airlangga di Sekitar Candi Pataan

Reporter : A.Thoriq Hidayatullah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *