Nur Nafi’iyah S. Kom, M.Kom, dosen Teknik Universitas Islam Lamongan yang membuat penelitian “Sistem Identifikasi Jenis Kelamin Manusia Berdasarkan Foto Panoramik Gigi” yang dibantu dengan Bu Retno Wardhani, S.Kom, M.Kom. Penelitian ini berhasil dan didanai oleh Kemendikti (Kementrian Pendidikan dan Perguruan Tinggi).

                Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membantu pihak tim forensik dalam mengenali korban bencana alam atau mengidentifikasi korban kejahatan. Jadi, diharapkan penelitian ini bisa meringankan tugas dari tim peneliti forensik. Penelitian ini berawal dari tesisnya tentang foto panoramik  yang kemudian Ia kembangkan. “Dalam penelitian tersebut ternyata saya menemukan foto panoramik tersebut bisa digunakan untuk mengidentifikasi jenis kelamin pada manusia melalui gigi taring,  dari situ saya tertarik dan mulai melakukan penelitian,” Ucapnya.

                Identifikasi jenis kelamin manusia ini dilakukan dengan menggunakan algoritma backpropagation. Algoritma backpropagation merupakan salah satu metode dalam jaringan syaraf tiruan, yang cara kerjanya menyerupai system kerja otak. Dalam system ini foto panoramik gigi akan digunakan sebagai citra inputan yang selanjutnya akan diproses sesuai tahapan. Yaitu ekstraksi citar untuk pengambilan fitur citra panoramik gigi, proses training dan proses testing.

                Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa jenis kelamin laki-laki memiliki gigi taring lebih besar dan tebal  dari perempuan. Gigi yang sulit untuk diteliti adalah gigi yang memiliki struktur yang tidak sempurna, seperti halnya gigi yang berlubang dan gigi gingsul. “ Di Jawa Timur hanya memiliki 2 tempat untuk melakukan foto panoramik gigi, salah satunya adalah di RS. Ibnu Sina Gresik,” Tambahnya.

                Rencananya, Penelitian ini akan diteruskan dengan menggunakan metode yang berbeda. Ia masih menemukan banyak keanehan-keanehan saat melakukan penelitian, sehingga membuatnya belum puas dan ingin melanjutkan penelitian lagi. “ Jangan pernah mudah puas dengan apa yang diperoleh. Kita harus berani mencoba melakukan penelitian yang sesuai dengan keahlian kita,” Pesannya Bu Dosen Teknik tersebut kepada mahasiswa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *